Info Lomba, Lowongan Kerja, Beasiswa, dan Tips Terbaru Tahun 2024

2/24/2018

TRIPLE DEVELOPMENT LEARNING, GO GO GENERASI Z: SEBUAH ESAI


Karya: Marenthina, Siswi SMAN 1 BANGIL

Masihkah anda ingat rumus luas lingkaran yang anda pelajari saat kelas 6 SD? Masihkah anda ingat zat apa yang menyebabkan warna hijau pada daun yang anda pelajari saat kelas 5 SD? Tentu kita semua telah melupakannya karena kita tidak pernah menggunakan pengetahuan tersebut seumur hidup kita. Tetapi hal-hal demikian kita pelajari sepanjang SD, SMP, dan SMA.

Sesuatu yang tidak pernah kita butuhkan dalam hidup kita namun kita berusaha keras mengejar pengetahuan tersebut dan berharap pengetahuan tersebut dapat membawa kepada kesukesan. Menurut saya ini adalah hal yang ironis, kita mempelajari sesuatu yang tidak berguna kemudian berharap dengannya hidup akan lebih baik.

Dunia berubah, cara berfikir pun juga harus berubah, disini penulis memaparkan bagaimana memberikan metode-metode yang tepat dalam pembelajaran se-yogyanya, dengan hal tersebut kita dapat mengubah hal yang sulit menjadi hal yang lebih mudah yang nyatanya terdapat pada subjek-subjek pelajaran di sekolah baik untuk siswa maupun pelajar mahasiswa. Saya rasa, inilah yang menjadi tantangan dan hambatan siswa-siswa Indonesia saat ini, mereka hanya diberi doktrin-doktrin pengetahuan saja tanpa adanya polesan pada pengetahuan tersebut.

Dalam sistem ini, seseorang perlu menentukan terlebih dahulu apa tujuan mereka belajar. Setelah mereka belajar, apa yang ingin mereka dapatkan, dapat lakukan, dan dapat kembangkan. Setelah menentukan apa yang mereka perlu pelajari, mereka dapat menentukan apa yang akan mereka pelajari, merancang kurikulum, materi ajar, menentukan kapan belajar, dan bagaimana mereka belajar. Tentu, cara bagaimana mereka belajar ini adalah hal serius yang harus mendapat perhatian serius pula. Coba saja kita bayangkan, jika semua materi ajar, tenaga kerja, fasilitas yang memadai telah terpenuhi.Namun cara individu tersebut untuk belajar kurang tepat atau bahkan sangat keliru, maka hal ini dapat diibaratkan dengan sebuah bibit tanaman. Jika bibit tanaman tersebut berharga mahal, ditempatkan di lingkungan yang tepat, diletakkan di pot yang bagus dan mewah, namun satu hal yang kurang, yaitu perawatannya. Bagaimana bibit tanaman itu bisa tumbuh dengan baik jika cara perawatannya pun salah , jika hanya menyiram satu minggu sekali? Satu bulan? Atau bahkan tidak sama sekali. Bisa kita bayangkan, bibit tanaman mahal itu tidak akan bernilai apa-apa. Lanjutkan membaca
Share:

0 comments:

Posting Komentar

Blog Archive

Daftar Informasi

Acara Adidas Administrasi Agustus AI AK3U Akuntansi AmerikaSerikat April ArabSaudi Artikel Artis Rock's Astro Australia Bahasa BahasaInggris BakmiGM Bandung Bank Banten Batam Beasiswa BeasiswaIndo BeasiswaUnggulan Bekasi Belanda BERBAYAR Biologi Bisnis Bogor Brebes BUMN Cianjur Cirebon ContohEsai Covid CustomerRelations CyberSecurity D3 DaftarOnline DataAnalyst Denpasar Desain Desember Development DezanShiraAssociates DigitalMarketing Direktur Disabilitas Dosen Download Drone Editor Ekonomi Energi Esai ESH Event Extended Facebook Fashion Februari Figma Filipina Finance Freelance FreshGraduate GA Gagasan GarisTemu Geodesi Geografi Geometri GIS Grafis GRATIS Guru Hadiah Uang HastariCorp HR HSE Huawei Hybrid Ide ImplementingOfficer India Indonesia Industri Info Kompetisi Info Lomba InfoGrafis Inggris Instagram Internasional Internet Interview Inventory IPB ISO IT ITB ITS Jakarta JakartaBarat JakartaSelatan Januari JawaBarat JawaTengah Jepang Jerman JetCommerce Juli Juni Jurnal Jurnalisme K3 KA Kaizen KalimantanTimur Kargo Karir KCII Kebayoran Kehutanan Kerja Kesehatan Keuangan KMKGroup KOLITA Komunikasi Komunitas Konferensi Konten Kotabaru KutaiTimur Leader LibertySociety Lingkungan Linguistik LinkedIn LKTI Logistik Lokasi Loker Loker Palsu LokerDesainGrafis LokerOnline Lomba Lomba Menulis LuarNegeri Magang Mahasiswa Majalengka Makalah Makan Sehat Malaysia ManagementTrainee Manager Manajemen Mandarin Manufaktur Maret Maritim Marketing Medan MediaSosial Mei Menulis MicrosoftOffice Mobile Modal Sosial Moladin Morowali November Obat Herbal Oktober Olimpiade Olrange PA Paliaman Pandemi Pelajar Pendidikan Peneliti Penelitian Pengalaman Penipuan Penulis Perpustakaan Indonesia Pertambangan Perusahaan Photoshop PKM POLINES Populer PouYuenIndonesia PowerPoint Presentasi ProcurementManager Program Kreativitas Mahasiswa Programmer Promosi Properti Proyek Psikologi PTGandaAlamMakmur PTHastariNawasenaEnergi PTIndocementTunggalPrakarsaTbk PTKapalApiGlobal PTLiminMarineOffshore PTMasterSteel PTMastertamaAdhiPropertindo PTNojoronoTobaccoInternational PTSelaluCintaIndonesia PTTahSungHung Purchasing RecruitmentOfficer Reels Rekomendasi Relawan ResearchAnalyst Restoran Revitalisasi Riset Robot S1 S2 S3 SafetySupervisor SAINS Salatiga Sales SAP Sarjana Sastra Semarang Seminar SeminarBerbayar Seni SentralCargo September Serang Serpong SFII SiCreatives Situs Web Skha SKK SMA SMK3 Staf StaffIEDataAnalyst Sulawesi SumateraUtara Support Surabaya Tangerang Tarjun Tarumanagara Teknik TeknikIndustri Teknologi Telegram Telekomunikasi Thailand TikTok Tiongkok Tips TOEFL Training TransTV Trik Turki TurunTangan TV UGM UI UMUM UNAIR UNBRAW UNDIP UNICEF UNIFAM Unimed UniversitasIndonesia UNS Usaha Video Videografer Vietnam Wardrobe Web WebDevelopmentIntern WhatsApp YayasanSINTASIndonesia Yogyakarta

MUNGKIN ANDA SUKA