Info Lomba, Lowongan Kerja, Beasiswa, dan Tips Terbaru Tahun 2024

10/19/2017

[HUMAS UNIMED] UNIMED Satu-Satunya Kampus Terakreditasi “A” BAN-PT Di SUMUT



Medan – Suatu kabar yang sangat membanggakan sekaligus mengharukan bagi warga civitas Unimed, pada 28 Desember 2016 Unimed secara resmi telah meraih nilai akreditasi institusi A dari Menristek Dikti melalui BAN-PT. Menjadi satu-satunya Perguruan Tinggi di Sumatera Utara yang mendapat akreditasi A.Untuk skala nasional Unimed berada di urutan 33 dari 49 perguruan tinggi negeri (PTN) dan perguruan tinggi swasta (PTS) se-Indonesia.
Perguruan tinggi yang berhasil meraih akreditasi institusi A di tahun 2016 untuk wilayah sumatera ada 4, yaitu ; Universitas Lampung, Universitas Negeri Medan, Universitas Negeri Padang, Universitas Sriwijaya. Sebelumnya ada dua perguruan tinggi yang telah memperoleh akreditasi A yaitu Universitas Andalas dan Unversitas Syiah Kuala.
Nilai akreditasi bagi suatu kampus merupakan bentuk kebanggaan dan prestise, karena menjadi acuan pengakuan publik bahwa institusi atau program studi tersebut terjamin mutu dan kualitasnya.
Penilaian akreditasi perguruan tinggi dilihat dari beberapa aspek, diantaranya; a) memiliki visi, misi dan tujuan yang terukur, b) manajemen akademik berjalan efektif dan efisien, c) memiliki mahasiswa yang aktif, kreatif dan berprestasi, d) memiliki SDM dosen dan pegawai yang profesional, e) memiliki pendanaan yang baik, f) memiliki publikasi dosen yang tinggi, dan g) adanya kerjasama dengan stakeholders profesional yang berdampak pada daya saing lulusan.
Menristekdikti Prof. Mohammad Nasir, Ph.D, bersama BAN-PT pada saat mengumumkan ke publik hasil capaian kinerja tahun 2016 dihadapan awak media pada rabu, 28 desember 2016 mengatakan, salah satu kinerja terbaiknya adalah meningkatnya perguruan tinggi yang telah terakareditasi A. Ada 9 PTS yang berhasil terakreditasi A, padahal sebelumnya tidak ada, dan ada 22 PTN yang berhasil meningkat terakreditasi A.
“Saya berharap perguruan tinggi yang telah berhasil terakreditasi A dapat menjadi contoh bagi perguruan tinggi lain di daerahnya. Dapat terus meningkatkan kualitas layanan akademik, kualitas dosen, infrastruktur harus baik, dan publikasi ilmiah di jurnal internasional dan nasional harus di kejar. Saya yakin bagi perguruan tinggi yang telah akreditasi A harapan itu semua bisa terwujud, karena prestasi mendapatkan A itu beberapa indikatornya adalah yang saya sebutkan di atas. Yakinlah apa yang terbaik kita lakukan untuk perkembangan institusi, akan menghasilkan prestasi yang terbaik”, ujar Mohammad Nasir.
Rektor Unimed, Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd. mengatakan mendapatkan akreditasi A bagi institusi pendidikan tinggi tidaklah mudah, perlu kerja keras serta kebersamaan dan kekompakan seluruh civitas. Prosesnya cukup panjang, karena banyak indikator dan dokumen yang harus dipersiapkan. Dari mulai pembentukan tim taskforce, penyusunan borang dan evaluasi diri, dan penyediaan dokumen pendukung yang lengkap. Bahkan dapat menjadi beban bagi suatu kampus apabila tidak dapat mempersiapkan dengan baik.
Lanjut Prof. Syawal, “saya secara pribadi dan atas nama pimpinan Unimed mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada seluruh seluruh civitas Unimed, Tim AIPT, Alumni dan para steakholders atas doa, dukungan, kerjasama dan komitmen dalam mengantarkan kampus kebanggaan kita ini menjadi akreditasi A dari BAN-PT. Alhamdulillah, Unimed menjadi perguruan tinggi pertama di Sumatera Utara yang mendapatkan nilai A. Ini merupakan kebahagiaan dan kebanggaan kita semua.”(Humas Unimed).


Share:

0 comments:

Posting Komentar

Blog Archive

Daftar Informasi

Acara Adidas Administrasi Agustus AI AK3U Akuntansi AmerikaSerikat April ArabSaudi Artikel Artis Rock's Astro Australia Bahasa BahasaInggris BakmiGM Bandung Bank Banten Batam Beasiswa BeasiswaIndo BeasiswaUnggulan Bekasi Belanda BERBAYAR Biologi Bisnis Bogor Brebes BUMN Cianjur Cirebon ContohEsai Covid CustomerRelations CyberSecurity D3 DaftarOnline DataAnalyst Denpasar Desain Desember Development DezanShiraAssociates DigitalMarketing Direktur Disabilitas Dosen Download Drone Editor Ekonomi Energi Esai ESH Event Extended Facebook Fashion Februari Figma Filipina Finance Freelance FreshGraduate GA Gagasan GarisTemu Geodesi Geografi Geometri GIS Grafis GRATIS Guru Hadiah Uang HastariCorp HR HSE Huawei Hybrid Ide ImplementingOfficer India Indonesia Industri Info Kompetisi Info Lomba InfoGrafis Inggris Instagram Internasional Internet Interview Inventory IPB ISO IT ITB ITS Jakarta JakartaBarat JakartaSelatan Januari JawaBarat JawaTengah Jepang Jerman JetCommerce Juli Juni Jurnal Jurnalisme K3 KA Kaizen KalimantanTimur Kargo Karir KCII Kebayoran Kehutanan Kerja Kesehatan Keuangan KMKGroup KOLITA Komunikasi Komunitas Konferensi Konten Kotabaru KutaiTimur Leader LibertySociety Lingkungan Linguistik LinkedIn LKTI Logistik Lokasi Loker Loker Palsu LokerDesainGrafis LokerOnline Lomba Lomba Menulis LuarNegeri Magang Mahasiswa Majalengka Makalah Makan Sehat Malaysia ManagementTrainee Manager Manajemen Mandarin Manufaktur Maret Maritim Marketing Medan MediaSosial Mei Menulis MicrosoftOffice Mobile Modal Sosial Moladin Morowali November Obat Herbal Oktober Olimpiade Olrange PA Paliaman Pandemi Pelajar Pendidikan Peneliti Penelitian Pengalaman Penipuan Penulis Perpustakaan Indonesia Pertambangan Perusahaan Photoshop PKM POLINES Populer PouYuenIndonesia PowerPoint Presentasi ProcurementManager Program Kreativitas Mahasiswa Programmer Promosi Properti Proyek Psikologi PTGandaAlamMakmur PTHastariNawasenaEnergi PTIndocementTunggalPrakarsaTbk PTKapalApiGlobal PTLiminMarineOffshore PTMasterSteel PTMastertamaAdhiPropertindo PTNojoronoTobaccoInternational PTSelaluCintaIndonesia PTTahSungHung Purchasing RecruitmentOfficer Reels Rekomendasi Relawan ResearchAnalyst Restoran Revitalisasi Riset Robot S1 S2 S3 SafetySupervisor SAINS Salatiga Sales SAP Sarjana Sastra Semarang Seminar SeminarBerbayar Seni SentralCargo September Serang Serpong SFII SiCreatives Situs Web Skha SKK SMA SMK3 Staf StaffIEDataAnalyst Sulawesi SumateraUtara Support Surabaya Tangerang Tarjun Tarumanagara Teknik TeknikIndustri Teknologi Telegram Telekomunikasi Thailand TikTok Tiongkok Tips TOEFL Training TransTV Trik Turki TurunTangan TV UGM UI UMUM UNAIR UNBRAW UNDIP UNICEF UNIFAM Unimed UniversitasIndonesia UNS Usaha Video Videografer Vietnam Wardrobe Web WebDevelopmentIntern WhatsApp YayasanSINTASIndonesia Yogyakarta

MUNGKIN ANDA SUKA